Visi
“Unggul Dalam Prestasi, Beriman Dan Berakhlak Mulia serta Berkarakter Pancasila”
Indikator Visi
1. Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik
2. Terwujudnya komunitas belajar sepanjang hayat yaitu sekolah sebagai tempat saling belajar dan berkembang bagi guru sebagai ahli, peserta didik, serta orang tuadan masyarakat.
3. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu:
a. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
b. Mandiri,
c. Bernalar Kritis,
d. Kreatif,
e. Bergotong-royong, dan
f. Berkebinekaan global.
4. Terwujudnya pendidikan berwawasan global
5. Terwujudnya pendidikan yang. mengembangkan keterampilan abad 21.
Misi
1. Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik.a. Menentukan kriteria ketuntasan belajar peserta didik
b. Menentukan kriteria lulusan terutama pada ujian sekolah untuk semua mata
c. pelajaran
d. Mengikutsertakan peserta didik untuk kegiatan lomba minimal tingkat
e. kecamatan hingga sampai tingkat internasional.
2. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan komunitas belajar sepanjang hayat yaitu guru, peserta didik dan orang tua saling belajar sepanjang hidupnya.
a. Membuka ruang kelas (open class) untuk guru lain bisa saling melihat dan belajar proses pembelajaran di kelas.
b. Mengaktifkan kegiatan MGMP sekolah untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian
c. Mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan guru agar lebih profesional.
d. Memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler pilihan berdasarkan minat dan potensi peserta didik dalam segala bidang, misalnya studi club seperti: club robotik, klub penelitian remaja, club kreativitas siswa, club ajang prestasi siswa, dll.
e. Melakukan sosialisasi kepada komunitas orang tua terkait dengan pola/strategi pendampingan belajar online (belajar dari rumah) pada masa pandemi untuk putra dan putrinya.
3. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila
a. Melaksanakan proyek profil pelajar pancasila untuk seluruh peserta didik
b. Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian.
c. Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.
4. Mewujudkan pendidikan yang menjamin hak belajar bagi setiap peserta didik
a. Memfasilitasi pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus
b. Memfasilitasi pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak
c. “Caring” (peduli) dalam proses pembelajaran, dimana setiap peserta didik saling bantu dan dibantu.
5. Mewujudkan pendidikan menggunakan pendekatan atau model yang beragam
a. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model yang beragam
b. Melakukan pembiasaan bagi peserta didik untuk melaksanakan tugas dalam bentuk proyek.
6. Mewujudkan pendidikan mengembangkan keterampilan abad 21
a. Melakukan kegiatan belajar mengajar mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif
b. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi.
c. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan pendidikan karakter
Tujuan
Tujuan pendidikan pada SMP Negeri 2 Tungkal Jaya adalah langkah untuk mewujudkan visi sekolah dalam jangka waktu tertentu. Pada tahun pelajaran 2024/2025 SMP Negeri 2 Tungkal Jaya mencanangkan tujuan pendidikan yang diharapkan yaitu:
1. Terwujudnya lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik serta berkarakter Pancasila.
a. Tercapainya hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan untuk seluruh mata pelajaran.
b. Tercapaian kelulusan peserta didik 100% dan untuk semua mata pelajaran ujian sekolah rata-rata minimal 70.
c. Tercapainya peserta didik mengikuti lomba minimal tingkat kecamatan hinggasampai tingkat internasional dan memiliki prestasi minimal tingkat kecamatan.
d. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
e. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter cinta tanah dan kebinekaan serta berbudaya baik lokal maupun global dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
f. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter mandiri, bernalar kritis, dan kreatif serta gotong royong dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
2. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan komunitas belajar sepanjang hayat yaitu guru, peserta didik dan orang tua saling belajar sepanjang hidupnya.
a. Terlaksana kegiatan membuka ruang kelas (open class) untuk guru lain bisa saling melihat dan belajar proses pembelajaran di kelas.
b. Tercapainya kegiatan MGMP sekolah untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran.
c. Terdapat 70% guru yang mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan guru agar lebih profesional.
d. Seluruh peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler minimal dengan nilai baik pilihan berdasarkan minat dan potensi peserta didik dalam segala bidang, misalnya studi club seperti: club robotik, klub penelitian remaja, club kreativitas siswa, club ajang prestasi siswa, dll.
e. Terlaksananya sosialisasi kepada komunitas orang tua terkait dengan pola/strategi pendampingan belajar online (belajar dari rumah) pada masa pandemi untuk putra dan putrinya.
3. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila
a. Terlaksananya proyek profil pelajar Pancasila untuk seluruh peserta didik 3kali dalam setahun
b. Terlaksananya pengintegrasian nilai profil pelajar pancasila dalam perancanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran
c. Terlaksananya pengintegrasian nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.
4. Terwujudnya pendidikan yang menjamin hak belajar bagi setiap peserta didik
a. Tersedia fasilitas pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
b. Tersedia fasilitas pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak.
c. Terlaksana kegiatan saling bantu dan dibantu antar peserta didik.
5. Terwujudnya pendidikan menggunakan pendekatan atau model yang beragam
a. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model yang beragam untuk semua mata pelajaran.
b. Terlaksananya pembiasaan bagi peserta didik untuk melaksanakan tugas dalam bentuk proyek untuk semua mata pelajaran.
6. Terwujudnya pendidikan mengembangkan keterampilan abad 21
a. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif untuk semua mata pelajaran.
b. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi untuk seluruh mata pelajaran.
7. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan pendidikan karakter untuk seluruh mata pelajaran.
a. Memfasilitasi pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus
b. Memfasilitasi pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak